Home » » Makalah ATBM

Makalah ATBM


Kabupaten Wajo di Sulawesi Selatan merupakan salah satu daerah penghasil sutra unggulan di Indonesia.Terdapat sekira 5.000 pengrajin kain sutra di sini, menghasilkan kain yang menjadi komoditas andalan bagi pariwisata Wajo.Demikian yang disitat dari Respect.

Sutra Wajo dibuat dengan Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM) yang dalam bahasa Bugis dikenal dengan nama "Tennun Bola-Bola". Usaha tradisional ini menghasilkan sekira 1,5 juta meter kain sutra setiap tahun, dan dapat menggerakkan perekonomian rakyat.

Beragam motif dihasilkan pengrajin sutra Wajo dengan berkualitas tinggi.Sebut saja motif tradisional seperti sobbi, balorinni, baliare, cobo, serta motif yang menyerupai ukiran-ukiran Toraja.

Keindahan dan kualitasnya bahkan sampai negara tetangga, Malaysia yang pernah mengadakan kunjungan untuk menggali potensi ini secara langsung. Bahan baku tekstil sutra asal Wajo dinilai lebih baik mutunya daripada China, helaian sutra yang dihasilkan lebih bertekstur, hasil dari ATBM.

Ironisnya, meski sudah menghasilkan sutra dalam jumlah besar, Sulawesi Selatan masih mengimpor benang sutra rata-rata 70 ton per tahun dan mayoritas diimpor dari China, Jepang, hingga India. Tiap tahun produksi kain sutra Sulsel sekira 2,5 juta meter dengan pangsa pasar sekira 80 persen ke luar daerah, terutama pulau Jawa dan Sumatera.

silahkan download makalahnya Disini

0 komentar:

Blogger templates

Diberdayakan oleh Blogger.

Label

Artikel Disarankan